Kepala Sekolah Harus Lakukan Tiga Hal untuk Perubahan

WONOGIRI (Cakram.net)  –  Koordinator Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) Tanoto Foundation Jawa Tengah Dr Nurkolis MM menegaskan,  setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah sebagai kunci perubahan agar sekolahnya menjadi sekolah efektif.

Hal tersebut disampaikan Nurkolis pada pelatihan praktik baik modul II manajemen berbasis sekolah yang diselenggarakan oleh program PINTAR Tanoto Foundation di  aula pertemuan rumah makan di wilayah Ngadirojo, Wonogiri, (15/10/2019).

Adapun tiga hal itu, yang pertama adalah kepala sekolah sebagai agen perubahan.  Kepala sekolah harus membuat program. Merencanakan program dan melakukan serangkaian kegiatan agar tujuan utama pendidikan tercapai. “Sekolah efektif adalah sekolah yang mencapai target dan tujuan pembelajaran dalam jangka waktu yang telah direncanakan.  Setiap sekolah harus punya program kerja yang holistik,  mulai dari RKS,  RKJM, RKAS, ataupun RKT,” jelasnya.

Kedua, kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran. Kepala sekolah  harus memfokuskan,  mendorong,  memonitor,  dan selalu berupaya untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh gurunya.  “Kalau di luar negeri 70 persen waktu kepala sekolah digunakan untuk memonitor,  memperbaiki, dan mendorong gurunya dalam melakukan perbaikan pembelajaran.  Sedangkan 30 persen lainnya digunakan untuk melakukan aktivitas lain, seperti rapat,  undangan, dan kegiatan lainnya,” ungkap doktor manajemen pendidikan ini.

Ketiga, adalah kepemimpinan kewirausahaan. “Kalau dilevel SD dan SMP diterjemahkan sebagai peran kepala sekolah dalam mewujudkan program-program yang kreatif, inovatif, dan mempunyai ide-ide yang baru untuk perbaikan sekolah,” ungkap Nurkolis di hadapan peserta yang terdiri kepala sekolah, guru senior dan komite sekolah yang berjumlah total 64 orang.

Kegiatan pelatihan ini digelar selama empat hari. Untuk tanggal 15-16 Oktober di Ngadirojo dan tanggal 17-18 di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. tls/dhi

 

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *