Bantul Targetkan Semua Pedagang Pasar Lakukan Rapid Test COVID-19

Berbagi berita ...

BANTUL,Cakram.net – Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menargetkan rapid diagnostic test untuk COVID-19 kepada semua pedagang pasar daerah. Hal ini dilakukan guna mempercepat penelusuran warga yang terindikasi terpapar virus corona baru tersebut.

“Target kita Insya Allah kalau bisa rapid test pedagang di semua pasar. Saya baru mengajukan ke pak bupati,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja ditemui wartawan usai audiensi bersama Bupati Bantul di Bantul, Jumat (19/6/2020).

Menurut dia, target melakukan rapid test corona untuk semua pedagang pasar akan dilakukan secara bertahap, mengingat jumlah pedagang pasar di Bantul mencapai puluhan ribu orang yang tersebar di sekitar 30 pasar rakyat.

“Saya baru mendapat dukungan untuk rapid test dari provinsi (DIY) yang rencananya untuk mengawali tes bagi pedagang di Pasar Bantul, Pasar Ngipik Banguntapan, Pasar Pijenan Pandak, dan Pasar Janten di Kasihan,” katanya.

Ia mengatakan pertimbangan akan memulai rapid test COVID-19 di beberapa pasar tersebut, terutama Pasar Bantul, karena merupakan pasar tradisional terbesar di Bantul dan menjadi pusat perdagangan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pusat kabupaten.

“Yang lain-lain karena zonanya menjadi prioritas, masuk dalam zona orange ada kasus (positif COVID-19) dan wilayah perbatasan dengan daerah lain, sehingga potensi mobilisasi masyarakat tinggi,” katanya.

Namun demikian, kata dia, ke depan rapid test akan dilanjutkan bagi pedagang di pasar-pasar lain yang menjadi prioritas urutannya, setelah pemeriksaan cepat para pedagang di sejumlah pasar yang dalam waktu dekat sudah terlaksana.

“Di Pasar Bantul yang tervalidasi Dinas Perdagangan sekitar 700 pedagang, nanti kita lakukan rapid test selama dua hari, yaitu tanggal 24 dan 25 Juni,” katanya.

Dia mengatakan dalam melakukan rapid test COVID-19 bagi para pedagang pasar akan melibatkan lurah pasar dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul untuk ikut mengondisikan selama pemeriksaan. (Ant/Cakram)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *