KASN Rekomendasikan Bupati Jatuhkan Hukuman Disiplin kepada Sekda Kabupaten Semarang

Berbagi berita ...

UNGARAN, Cakram.net – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) merekomendasikan kepada Bupati Semarang dr Mundjirin untuk menjatuhkan hukuman disiplin sedang kepada Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono terkait pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN). Hal itu tertuang dalam surat rekomendasi KASN Nomor R-1694/KASN/6/2020 perihal Rekomendasi atas Pelanggaran Netralitas ASN a.n Drs. H. Gunawan Wibisono, M.M tertanggal 12 Juni 2020.

KASN juga merekomendasikan kepada bupati untuk memerintahkan Gunawan Wibisono agar melaksanakan cuti di luar tanggungan negara, melakukan pengawasan dan mengimbau segenap ASN untuk menjaga netralitas, serta memberikan tindakan tegas terhadap ASN yang tidak netral.

“Surat rekomendasi tersebut tindak lanjut atas surat penerusan pelanggaran di luar Perundang-Undangan Pemilihan yang dikirimkan Bawaslu Kabupaten Semarang tertanggal 18 Mei 2020. Bawaslu Kabupaten Semarang sejak Rabu (13/05/2020) hingga Sabtu (16/05/2020) telah melakukan serangkaian proses penanganan dugaan pelanggaran netralitas ASN atas temuan dugaan pelanggaran nomor 02/TM/PB/Kab/14.29/V/2020,” ungkap Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Semarang, Syahrul Munir melalui keterangan tertulis, Kamis (18/6/2020).

Munir membeberkan, penanganan dugaan pelanggaran netralitas ASN bermula adanya informasi dari masyarakat kepada Bawaslu Kabupaten Semarang pada Senin (11/5/2020). Laporan itu terkait adanya dua baliho bergambar pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bintang Narsasi Mundjirin – Gunawan Wibisono disertai dengan logo parpol PPP, PKS, Partai Golkar, Gerindra, PAN dan Partai Nasdem yang terpasang di simpang empat Lewono dan jalan raya Merdeka di Kelurahan Beji, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

“Hasil pengawasan langsung di lapangan ditemukan tiga baliho bergambar Gunawan Wibisono di sekitar simpang empat Lewono, satu baliho berukuran sekitar 4×2 meter menempel di pagar rumah warga dan dua baliho lainnya berukuran 2 x1.5 meter terpasang di pulau jalan Prapatan Lewono Beji,” bebernya.

Selain tiga baliho itu, lanjut Munir, ditemukan juga 304 baliho dan alat peraga sosialisasi lainnya bergambar Bintang Narsasi Mundjirin-Gunawan Wibisono. Baliho dengan berbagai desain itu terpasang di beberapa wilayah Kabupaten Semarang.

“Sebagaimana diketahui, Gunawan Wibisono adalah aparatur sipil negara yang sekarang menjabat sebagai Sekda Kabupaten Semarang,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah meminta Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Sukoharjo yang maju pilkada setempat untuk mematuhi surat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait dengan sanksi pelanggaran atas netralitas ASN.

“KASN telah mengeluarkan rekomendasi sanksi hukuman disiplin sedang kepada Agus Santosa (Sekda Kabupaten Sukoharjo) dan Gunawan Wibisono (Sekda Kabupaten Semarang) karena melanggar netralitas ASN,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Jateng Sri Wahyu Ananingsih di Semarang, Kamis (18/6/2020). (dhi/Ant/Cakram)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *