Peringatan HSPN, Masyarakat Diajak Bantu Pemerintah Hijaukan Kota Yogyakarta

Berbagi berita ...

YOGYAKARTA, Cakram.net – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021 di Kota Yogyakarta diadakan secara virtual melalui akun Youtube Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta di Ruang Yudhistira Balai Kota Yogyakarta, Kamis (4/3/2021). Acara ini diikuti seluruh SD dan SMP negeri/swasta Kota Yogyakarta, Kelurahan dan Kecamatan serta OPD terkait.

Dengan tema ‘Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi’ peringatan HPSN diisi dengan pemberian penghargaan sekolah berwawasan lingkungan dan deklarasi memilah sampah dari rumah oleh fasilitator kelurahan se-Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogya, Sugeng Darmanto mengatakan semua elemen masyarakat dapat saling membantu untuk memilah sampah baik organik, non organic dan Bahan Berbahaya Beracun (B3).

“Mari bersama-sama memilah sampah agar kita masing-masing dapat membantu pemerintah dalam menghijaukan Kota Yogya dimulai dari rumah maupun di lingkungan sekitar kita,” ungkapnya, dilansir dari laman Pemkot Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu diberikan penghargaan bagi sekolah berwawasan lingkungan di Kota Yogyakarta dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, di antaranya adalah Kategori Sekolah Dasar diraih oleh SDN Cokrokusuman, SDN Pandeyan, SD Muhammadiyah Nitikan, SDN Baluwarti, SDN Keputran 2, SDN Gambiran. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada SD Islamiyah Pakualaman, SD Muhammadiyah Pakel, SDN Bangunrejo 2, SDN Balirejo, SDN Ngabean, Tamansari 3, SDN Karangmulyo, Minggiran, SD Muhammadiyah Miliran, SD Kotagede 4, SDN Piri Nitikan.

Untuk kategori Sekolah Menengah Pertama diraih SMP Muhammadiyah 5, SMP Kanisius Gayam, SMP Bopkri 3, SMP Piri 1. Sedangkan kategori Sekolah Menengah Atas diraih oleh SMA Katolik Sang Timur dan katagori Sekolah Menengah Kejuruan diraih oleh SMK Piri 2.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, Kadri Renggono berharap Kota Yogyakarta melalui Gerakan Pilah Sampah dari Rumah menjadi langkah penting dalam proses pengelolaan sampah. Karena sampah yang sudah terpilah sesuai jenisnya akan lebih mudah diolah atau dijual sehingga lebih bermanfaat.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat, lembaga pendidikan, LSM lingkungan serta perwakilan dunia usaha yang telah berpartisipasi pada acara ini. Meskipun dilaksanakan secara virtual, mudah-mudahan tidak mungurangi makna dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional,” kata Kadri Renggono.

Kadri mengatakan, melalui peringatan HPSN ini semua memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap kualitas lingkungan di Kota Yogya.

“ Saya berharap kita semua memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap kualitas lingkungan di Kota Yogya dan berperan aktif dalam upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan. Dimulai dari kegiatan yang paling sederhana, yakni memilah sampah dari sumbernya, baik itu dari rumah tangga, sekolah, kantor, tempat usaha, restoran, dan lain sebagainya demi mendukung perekonomian menuju Indonesia bersih, sehat, dan sejahtera,” jelasnya. (Cakram)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *