Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kabupaten Semarang, Kapolres Ingatkan Masyarakat untuk Siaga Bencana

UNGARAN, Cakram.net – Hujan deras diserta angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Semarang mengakibatkan sebagian wilayah mengalami bencana pada Senin 17 Januari 2022.  Selain pohon tumbang, hujan deras disertai angin kencang juga merusak atap rumah warga.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA menyampaikan, berdasarkan laporan Kapolsek jajaran Polres Semarang terdapat 4 kecamatan yang mengalami bencana alam puting beliung. Bencana tersebut mengakibatkan pohon tumbang, bahkan ada atap rumah warga tersapu puting beliung.

“Kejadian bencana alam ini menimpa beberapa wilayah, di antaranya Kecamatan Ungaran Barat, Ungaran Barat, Kecamatan Tengaran dan Kecamatan Jambu. Berdasarkan laporan tidak ada korban jiwa, namun sebagian besar korban bencana mengalami kerugian materiil yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” ungkap Kapolres Semarang melalui keterangan tertulis, Senin 17 Januari 2022.

Di Kecamatan Ungaran Barat, pohon tua berdiameter lebih kurang 3 meter di Dusun Sendangrejo RT 01 RW 07, Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat tumbang akibat diterjang angin kencang. Pohon tumbang yang berada di area Sendang tersebut menimpa rumah Subari (50).
<!–nextpage-
“Kami telah sampaikan kepada seluruh Kapolsek jajaran untuk memetakan kembali wilayahnya yang rawan terjadi bencana agar dilakukan antisipasi sejak dini. Kalau perlu pohon yang sekiranya membahayakan untuk dikoordinasikan dengan pihak terkait agar dipotong,” ujar Kapolres.

“Selain itu, kami juga memerintahkan kepada anggota di lapangan jika terjadi bencana untuk segera bertindak, laporkan dan koordinasi dengan instansi terkait TNI, BPBD, Kecamatan dan warga setempat sebagai langkah evakuasi nantinya,” pungkas Kapolres. (dhi)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *