Santri Wajib Jaga Keutuhan NKRI

DEMAK, Cakram.net – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, menekankan pentingnya santri untuk menjaga keutuhan NKRI. Hal itu disampaikan Wagub saat menjadi narasumber dialog kebangsaan bersama KHR Ahmad Azaim Ibrahimy di Ponpes Salafiyah Syafiiyah, di Desa Jatisono, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, Selasa 6 Juni 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seribuan santri alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Situbondo Jawa Timur di Jawa Tengah. Diskusi bertema “Peran Santri Dalam Menjaga Asas Tunggal Pancasila dan NKRI”.

Wagub menyampaikan kemerdekaan Indonesia juga turut diperjuangkan oleh para ulama dan santri terdahulu. Sehingga santri saat ini perlu menghormati perjuangan mereka dengan menjaga keutuhan NKRI.

Taj Yasin menjelaskan, perjuangan para santri dan Kiai tercatat dalam sejarah resolusi jihad yang digaungkan KH. Hasyim Asyari. Dimulai dari itu, banyak santri yang turut mengangkat senjata mempertahankan kemerdekaan RI saat agresi militer Belanda berlangsung.

“Keputusan Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika adalah kesepakatan. Umat muslim diwajibkan menaati kesepakatan tersebut. Kalau kita sudah berjanji mempertahankan NKRI, kita harus mengusung perbedaan untuk kemajuan. Itu sudah sepakat. Kalau kita tidak bisa menaati kesepakatan itu, apakah kita bisa disebut santri yang samina wa athona?,” kata Taj Yasin.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *