Macapat dengan Musik Kekinian, Upaya Generasi Muda Lestarikan Budaya

YOGYAKARTA, Cakram.net  – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogyakarta menggelar pertunjukan seni macapat bertajuk  ‘Membumikan Ilmu dan Mengembangkan Kebudayaan’ di Taman Budaya Embung Giwangan pada Selasa 7 Mei 2024.  Tema ini diusung dalam suasana Hari Pendidikan Nasional. Total ada 25 orang peserta yang terdiri berbagai usia yang membawakan macapat.

Kepala Disbud Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan acara tersebut bertujuan untuk melestarikan sastra lokal dalam tembang Macapat kepada generasi muda. Menurutnya generasi muda adalah pionir, penggali, dan penerus budaya agar budaya dapat terus lestari.

“Kami mengajak para generasi muda untuk ikut dan berperan aktif dalam memelihara keberlangsungan budaya seni macapat. Ini juga sebagai upaya mendekatkan tradisi sastra macapat kepada generasi muda ditengah arus modernisasi yang terus bergulir,” bebernya, dilansir dari warta.jogjakota.go.id, Rabu 8 Mei 2024.

Pihaknya menggandeng Macapat Project sehingga muncul ide seni macapat yang dibalut dengan musik kekinian, agar macapat dapat menarik dipelajari bagi generasi muda.

“Ketika macapat hanya sekadar macapat konvensional, tentu kurang menarik. Macapat di hip-hop kan, ada konduktornya, dan menggunakan biola lebih menarik untuk anak-anak. Dalam naskah macapat yang dilantunkan juga disesuaikan dengan tema,” jelasnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *