Bea Cukai Jateng- DIY Musnahkan 25,1 Juta Batang Rokok Ilegal dan Berbagai Jenis BMMN

SEMARANG, Cakram.net—Puluhan juta batang rokok ilegal (tanpa cukai) dimusnahkan oleh Bea Cukai Jawa Tengah- Daerah istimewa Yogyakarta (Jateng- DIY) bersama Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, di Tempat Penimbunan Pabean Bea Cukai, kawasan Tanjung Emas, Kota Semarang, Selasa 9 Juli 2024.

Selain puluhan juta batang rokok ilegal, juga dimusnahkan ratusan liter minuman mengandung etil alkohol (MMEA), tembakau iris (TIS), cairan vape serta 1.820 butir obat- obatan dari berbagai jenis.

Secara simbolis, pemusnahan dilakukan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Bier Budy Kismulyanto bersama dengan sejumlah perwakilan Forkopimda Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Jateng- DIY, Tri Utomo Hendro Wibowo mengatakan, seluruh barang yang dimusnahkan tersebut adalah barang ilegal hasil penindakan Kanwil Bea Cukai Jateng- DIY dan Bea Cukai Semarang tahun 2023 dan telah berstatus Barang yang Menjadi Barang Milik Negara (BMMN).

“Pemusnahan BMMN ini dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan, dalam rangka menjalankan fungsi perlindungan kepada masyarakat dan menjamin transparansi penindakan kepabeanan dan cukai,” ungkapnya, kepada awak media.

Rinciannya meliputi 25.186.291 batang rokok ilegal; 603,4 liter MMEA, 3.270 gram Tembakau Iris (TIS), 2,28 liter cairan vape dan 1.820 butir obat-obatan dengan total perkiraan nilai barang yang dimusnahkan ini mencapai Rp 31,6 Miliar. “Sedangkan potensi penerimaan negara yang seharusnya dibayar mencapai sebesar Rp16,84 miliar,” tambahnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *