Sabo Dam Nglumut Magelang Jadi Tempat Wisata di Lereng Merapi

Berbagi berita ...

MAGELANG, Cakram.net – Sabo dam di Desa Nglumut Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang memiliki bentuk bangunan indah. Selain sebagai penahan aliran lahar dingin Gunung Merapi, sabo dam ini juga menjadi saluran irigasi bagi ribuan hektar lahan pertanian.

“Sabo dam ini airnya untuk masyarakat Nglumut, dan lahan desa-desa di Kecamatan Sudimoro,” kata Kepala Desa Nglumut Imron Suheri, Jumat (12/3/2021), dilansir dari laman Pemkab Magelang.

Layaknya bangunan benteng, sabo dam Nglumut berdiri kokoh di alur Sungai Bebeng yang berhulu di Gunung Merapi. Menurut Imron, sabo dam itu juga berfungsi sebagai jembatan penghubung antara Desa Nglumut dan Desa Sudimoro.

Pada kedua sisi sabo dam terdapat jalan berliku membelah gundukan tanah bantaran sungai Bebeng. Dengan tinggi bahu jalan sekitar tujuh meter jalan berliku itu seakan melintas di dasar tebing beton. Bahkan, jika cuaca cerah, pemandangan sabo dam Nglumut semakin menawan dengan latar belakang Gunung Merapi dan hamparan hijau lahan pertanian salak pondoh.

Sabo dam lain, lanjut Imron, merupakan taman bunga buatan hasil kreasi warga Nglumut.

“Di sini ada dua sabo dan yang jadi tempat wisata. Semua dikelola warga dan selalu ramai,” jelas Imron.

Di bawah jembatan Sabo dam ini terdapat sejumlah lorong air. Gemericik air mengalir jatuh dari lorong lorong tersebut.

Sesekali terlihat kawanan burung terbang di antara Sabo dam yang lebarnya tujuh meter ini.

Lantaran memiliki pemandangan indah, kemudian banyak warga yang datang ke Sabo dam ini untuk melihatnya.

“Penasaran karena viral,” ujar Endang saat di Sabo dam Nglumut.

Warga Kembang Arum Kecamatan Turi Sleman Yogyakarta ini datang bersama anak dan ibunya. Di tempat yang sejuk ini Endang mengabadikan setiap moment menggunakan kamera telepon. Menurutnya, baru pertamakali melihat Sabo dam berbentuk unik.

“Biasanya dam Sabo persegi saja. Ini jalanya unik berbelok belok,” ungkapnya.

Sabo dam di alur sungai Gunung Merapi dibangun oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada akhir 2020. Selain Sabo dam Nglumut, Kementerian PUPR juga membangun Sabo dam di Desa Kapuhan Kecamatan Sawangan dan Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (Cakram)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *