Angin Kencang Rusak Balkondes dan Sejumlah Rumah Warga di Kabupaten Magelang

MAGELANG, Cakram.net – Musibah angin kencang disertai hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun puluhan rumah warga dan fasilitas wisata di wilayah Candi Borobudur rusak.

Kejadian angin kencang di wilayah Kabupaten Magelang terjadi pada Selasa 7 Februari 2023 sekira pukul 14.30 WIB. Salah satunya destinasi wisata Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo Kecamatan Borobudur yang terlihat porak poranda pada Rabu 8 Februari 2023.

Salah satu pendopo Balkondes terlihat ambruk, serta beberapa gazebo rusak di bagian atap dan beberapa dalam kondisi miring. Selain merusak bangunan, dampak dari musibah ini juga merusak tanaman dan fasilitas perabotan lain yang ada di Balkondes tersebut.

“Suaranya ting grodagh (bergemuruh) ya ini (pendopo) inti balkondes keangkat angin langsung roboh,” kata pengelola Balkondes Wanurejo, Iriyanto, dilansir dari beritamagelang.id, Rabu 8 Februari 2023. Beruntung, lanjut Iriyanto, saat kejadian tidak ada wisatawan maupun warga yang menggunakan Balkondes Wanurejo yang biasa ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Namun demikian, saat kejadian sejumlah karyawan Balkondes yang berada di lokasi sempat dilanda kepanikan.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun BPBD Kabupaten Magelang, hingga Rabu 8 Februari 2023 wilayah terdampak paling parah bencana angin kencang tersebar di 17 dusun 9 desa wilayah Kecamatan Borobudur, Salam dan Ngluwar.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *