Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Pemkot Semarang Bangun 6 Pamsimas

SEMARANG, Cakram.net – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menambah enam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Saat ini enam Pamsimas masih dalam pembangunan, dan ditargetkan rampung pada September 2023 mendatang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, penambahan Pamsimas direncanakan di 96 lokasi. Namun, pamsimas yang akan diresmikan dalam waktu dekat sebanyak enam lokasi. Pembangunan itu untuk membantu masyarakat yang sering mengalami kekeringan, antara lain di Jabungan, Rowosari, dan Gondoriyo.

Ditambahkan, Pamsimas dibangun di titik-titik yang selama ini selalu membutuhkan air bersih saat musim kemarau. Adanya fenomena Elnino juga menjadi perhatian dalam pemenuhan air bersih.

“Nanti awal September akan kami tinjau sebelum diresmikan oleh Bapak Menteri PUPR,” papar Ita, sapaannya, dilansir dari jatengprov.go.id, Jumat 1 September 2023.

Ita menyampaikan, peran serta KP-SPAMS sangat dibutuhkan dalam pemenuhan kebutuhan air bersih. Pasalnya, penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem berkaitan dengan kebutuhan air bersih dan sanitasi. Sehingga, pihaknya berhatap KP-SPAMS dapat mengelola lebih baik dan profesional.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *