Merti Bumi Serasi dan Jamasan Pusaka Meriahkan Hari Jadi ke-503 Kabupaten Semarang

UNGARAN, Cakram.net – Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengajak seluruh komponen daerah untuk terus menjaga persatuan dan situasi aman di Kabupaten Semarang. Sehingga wilayah ini menjadi gemah ripah loh jinawi dan menentramkan bagi warganya.

Hal itu ditegaskan oleh Bupati Semarang sebelum menerima air Perwita Sari dari penanggung jawab kegiatan Merti Bumi Serasi, Romo Pujiyanto di halaman rumah dinas Bupati Semarang di Ungaran, Kamis sore 7 Maret 2024.

Menurut Romo Pujiyanto, kegiatan Merti Bumi Serasi adalah perlambang untuk mewujudkan keserasian antara alam dan manusia serta pemimpin dan rakyatnya.

Merti Bumi Serasi diawali dari Desa Pager Kecamatan Kaliwungu. Dari sini, warga dari setiap kecamatan mengumpulkan aneka hasil bumi dan air tanah di wilayahnya. Kumpulan air itulah yang menjadi Tirta Perwita Sari yang akan digunakan untuk menjamas enam benda  pusaka peninggalan leluhur dan pendiri Kabupaten Semarang.

“Aneka hasil bumi diserahkan kepada Bupati sebagai bentuk bakti warga kepada pemimpinnya. Kemudian akan dibagikan lagi kepada warga untuk menunjukkan keadilan pemimpin,” terangnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *