Karanganyar Jadi Tuan Rumah IOXC 2019

KARANGANYAR (Cakram.net) – Kabupaten Karanganyar menjadi tuan rumah kejuaraan Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke-11 yang akan diselenggarakan pada 25-27 Oktober 2019. Guna persiapan gelaran event tersebut, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar rapat koordinasi IOXC di Ruang Anthurium Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (15/10/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, target peserta kejuaraan IOXC 2019 diikuti sekitar 500 peserta dari 13 negara. Ada beberapa cabang yang diperlombakan, seperti skateboard, BMX, freestyle soccer, dan freestyle basketball. Adapun pelaksanaannya bertempat di Alun-Alun Karanganyar.

“Arena yang digunakan ukurannya 17 meter x 40 meter x 7 meter. Kita menyediakan pengadaan alat. Kalau penyelenggaraannya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Jangka panjangnya, arena (knockdown) bisa digunakan untuk altet-atlet di Karanganyar,” ungkap Titis.

Ia menambahkan sebenarnya pihaknya sudah mempersiapkan tempat atau arena bermain bagi atlet olahraga ekstrem di komplek Gedung Wanita Karanganyar, namun karena direncanakan akan dibangun teater di tempat tersebut akhirnya tidak jadi.

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan Kemenpora ini menjadi wadah bagi millenial yang mempunyai bakat luar biasa. “Memberikan pesan positif kepada kaum millenial, kita bisa berbuat, kita bisa berprestasi dan diakui. Serta memberikan harapan,” katanya.

Bupati menjelaskan, pihaknya juga sudah mempersiapkan berbagai hal seperti keamanan dan fasilitas pendudung lainnya. Pasca digelarnya kejuaraan IOXC ini, Pemkab Karanganyar akan menyediakan arena bermain bagi para pemuda untuk menyalurkan bakatnya. “Ini sekaligus mewadahi anak-anak yang sejak lama meminta lapangan (arena bermain), pasca event akan kita siapkan tempatnya. Karena arena yang digunakan ini knockdown atau bongkar pasang. Tinggal kita cari tempatnya untuk bermain,” ujar Juliyatmono.

Ia mengungkapkan dalam kejuaraan IOXC ini diramaikan atlet asal luar daerah dan atlet-atlet lokal. dhi

 

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *