Kementerian Kesehatan Tetapkan UNS Jadi Kampus Sehat

SOLO, Cakram.net -Kementerian Kesehatan menetapkan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi kampus sehat bersamaan acara peluncuran program kampus sehat oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr Anung Sugihantono di UNS Surakarta , Jumat (29/11/2019).

Anung mengatakan perguruan tinggi merupakan wadah pendidikan generasi muda dan tempat berkumpulnya kelompok usia produktif yang potensial membentuk agent of change bagi sektor kesehatan. Selain itu,  perguruan tinggi dipandang memiliki potensi dan nilai tambah  untuk berkontribusi meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Program kampus sehat diharapkan dapat  menggerakkan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia sehat, dengan terlibat langsung dalam upaya promotif dan preventif di lingkungan perguruan tinggi,” katanya usai acara.

Ia mengharapkan perguruan tinggi memiliki kebijakan yang mendukung terbentuknya lingkungan bersih, sehat dan aman dengan sistem pengelolaan sampah dan limbah yang baik. Termasuk sarana dan prasarana yang memenuhi standard keamanan, kesehatan dan ramah disabilitas, serta terdapat kantin sehat yang menyajikan menu sehat bervariasi.

Anung mengungkapkan, saat ini program Kampus Sehat masih dalam tahap uji coba di empat universitas, yakni Universitas Indonesia, Universitas Andalas, UNS dan Majelis PP Dikti Muhammadiyah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Tahun 2020, program kampus sehat rencananya akan diperluas ke lima universitas lain untuk menambah evidences dalam menyusun program kampus sehat yang akan dijadikan program nasional. “Selanjutnya program yang ada ditawarkan ke Kemendikbud sebagai salah satu penilaian akreditasi perguruan tinggi,” jelasnya.

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho ketika diminta tanggapannya mengenai upaya menghilangkan asap rokok di lingkungan kampus UNS menyatakan, hal itu tidak mudah. Meski demikian, pihaknya akan memberikan himbauan kepada kantin agar secara perlahan mengurangi penjualan rokok sebagai salah satu cara ‘mengenyahkan’ asap  rokok dari kampus UNS. “Penetapan UNS sebagai kampus sehat ditanggapi positif oleh semua lembaga,” katanya. (baw/dhi)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *