Pemkab Sleman Minta Pengelola Fasum Sediakan Tempat Cuci Tangan

SLEMAN, Cakram.net – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meminta kepada seluruh pengelola fasilitas umum untuk menyediakan tempat cuci tangan dan antiseptik guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona.

“Kami harapkan pengelola fasilitas-fasilitas umum untuk menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan juga antiseptik atau ‘hand sanitizer’ untuk mencegah penyebaran virus corona,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo di Sleman, Minggu (8/3/2020).

Menurut dia, fasilitas umum tersebut bukan hanya yang dikelola pemerintah, namun juga yang dikelola swasta.

“Seperti di kantor-kantor pelayanan publik, maupun di tempat-tempat yang banyak didatangi masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, “hand sanitizer” memang penting, namun jika tidak tersedia cuci tangan bisa dilakukan menggunakan sabun lalu dibasuh dengan air yang mengalir.

“Disamping membiasakan mencuci tangan, tips lainnya adalah peningkatan daya tahan tubuh, serta pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

Joko mengatakan, konsumsi empon-empon sah-sah saja dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Konsumsi empon-empon itu intinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah terkena penyakit,” katanya.

Anggota tim respon Covid-19 UGM Yogyakarta, Riris Andono Ahmad meminta masyarakat tidak panik dengan kemunculan virus korona. Penularan penyakit itu dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kondisi badan.

“Pencegahan yang efektif adalah membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik berbahan alkohol. Biasakan juga hidup sehat dengan berolahraga dan istirahat yang cukup,” katanya. (Ant/Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *