PCNU Kabupaten Semarang Lakukan Gerakan NU Peduli Lawan COVID-19

UNGARAN, Cakram.net – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Semarang melakukan gerakan NU Peduli untuk melawan penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Langkah ini sebagai salah satu upaya NU untuk membantu Pemkab Semarang melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19  di Kabupaten Semarang.

Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Semarang, Achmad Chumaidi mengatakan gerakan NU Peduli COVID-19 terbentuk pada awal April 2020. Tim yang tergabung dalam NU Peduli COVID-19 sudah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Semarang untuk membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanganan COVID-19.

“Tanggal 5 April 2020 kami berkumpul di Sekretariat PCNU Kabupaten Semarang dihadiri Bupati Semarang, Wakil Bupati Semarang, Kapolres, Ketua DPRD, Sekda  dan SKPD terkait di antaranya Dinkes, Dinsos, Dispermasdesa dan BPBD Kabupaten Semarang. Kami berkoordinasi untuk menyamakan persepsi dan bersinergi dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Semarang,” katanya melalui pesan WhatsApp (WA), Kamis (16/4/2020) petang.

Chumaidi mengungkapkan, salah satu program kegiatan NU Peduli COVID-19 adalah menggalang donasi dan sodaqoh untuk bersama-sama melawan wabah COVID-19. PCNU Kabupaten Semarang membuka rekening untuk keperluan pengumpulan donasi tersebut.

“Bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa memberikan melalui rekening Bank Jateng atasnama PCNU Kabupaten Semarang dengan nomor 3022410601 atau Bank BRI dengan nomor rekening 032701000836560. Bisa juga datang ke Sekretariat PCNU Kabupaten Semarang di Jalan KH Hasyim Asy’ari No 2 Ungaran, Kabupaten Semarang,” ungkapnya.

Menurut Chumaidi, donasi tersebut tidak harus berupa uang. Masyarakat bisa memberikan bantuan berupa hand sanitizer, masker, APD atau bahan kebutuhan pokok.

“Gerakan NU Peduli COVID-19 sudah kita sosialisasikan ke jaringan NU yang ada di Kabupaten Semarang. Untuk penggalangan donasi mulai kita lakukan kemarin,” ujarnya.

Donasi yang terkumpul, lanjut Chumaidi, akan diberikan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan  akibat dampak COVID-19. PCNU tetap berkoordinasi dengan Pemkab Semarang dalam penyaluran bantuan, agar tidak terjadi tumpang tindih.

“Meskipun pemerintah juga memberikan bantuan sosial, mungkin ada warga masyarakat yang belum tersentuh bantuan. Itu yang akan kita bantu,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui gerakan NU Peduli COVID-19 juga melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer dan masker ke masyarakat. (dhi/Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *