Wabup Sleman Serahkan BLT Dana Desa di Pandowoharjo

SLEMAN, Cakram.net – Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Muslimatun didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Budiharjo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa kepada 140 kepala keluarga di Desa Pandowoharjo di Balai Desa Pandowoharjo, Senin (18/5/2020).

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap bantuan yang diberi bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan meringankan beban masyarakat dalam masa pandemi COVID-19.

“Jangan dilihat besaran bantuannya, ini adalah upaya pemerintah meringankan beban masyarakat, aparat telah berupaya sebaik-baiknya untuk menyeleksi warga dan apabila ada belum yang terkafer dalam BLT ini Dinas Sosial juga sudah siapkan dana, sehingga warga yang kurang mampu dapat menerima BLT,” katanya.

Sri Muslimatun berpesan kepada masyarakat selama masa pandemi ini agar selalu disiplin memakai masker, tetap tinggal di rumah bila tidak ada keperluan yang penting, tidak boleh berkerumun dan jaga jarak.

“Demikian pula ketika belanja di pasar agar selalu memakai masker dan saat ini ada permintaan apabila pedagang tidak memakai masker jangan dibeli, demikian pula pengunjung yang masuk pasar juga wajib memakai masker dan tidak boleh masuk tanpa memakai masker, sehingga kita berupaya agar pasar tradisional tetap jalan dan saat ini sudah kita siapkan belanja ‘on line’ di pasar tradisional,” katanya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sleman Budiharjo mengatakan untuk Desa Pendowoharjo pagu dana desa sebesar Rp1,299 mliar, pagu BLT 35 persen Rp430,2 juta, pengajuan musdes 196 KK dan hasil yang lolos verifikasi sebanyak 140 KK.

“Besarnya bantuan tersebut Rp600 ribu yang akan diberikan selama tiga bulan dimulai dari Mei, Juni dan Juli 2020. Diharapkan semua desa dapat membagikan BLT-DD sebelum lebaran,” katanya.

Dalam pelaksanaan pembagian BLT-DD melibatkan Bank BPD Cabang Sleman sebagai tempat rekening kas desa ditempatkan dan teknis pembagian BLT-DD dilaksanakan memenuhi protokol pencegahan COVID-19 dengan mengundang penerima secara bergiliran, tempat duduk antrian berjarak aman, menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, dan memakai masker. (Ant/Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *