Gabungan Serikat Buruh di Kabupaten Semarang Deklarasi Dukung Ngebas

Berbagi berita ...

UNGARAN, Cakram.net – Gabungan serikat pekerja dan serikat buruh di Kabupaten Semarang mendeklarasikan diri mendukung bakal pasangan calon (bapaslon) Ngesti Nugraha-Basari (Ngebas) pada Pilkada Kabupaten Semarang. Adanya dukungan ini menjadi tambahan energi bagi Ngebas untuk memenangkan pilkada pada 9 Desember 2020.

“Empat federasi dan satu konfederasi buruh dan pekerja di Kabupaten Semarang sepakat mendukung pasangan Ngebas. Komunikasi yang kita bangun dengan Ngebas sudah inten, dan kami melihat pasangan Ngebas sangat peduli kepada masyarakat buruh,” ungkap Sumanta, koordinator gabungan serikat pekerja dan serikat buruh pendukung Ngebas usai deklarasi yang dihadiri bapaslon Ngebas dan Ketua Tim Kampanye Ngebas, Bondan Marutohening, Sabtu (19/9/2020).

Setelah deklarasi, lanjut Sumanta, pihaknya akan segera menyosialisasikan pasangan Ngebas melalui grup-grup WA (whatsapp), baik jajaran pengurus maupun pekerja pabrik.  Pihaknya juga akan menyelenggarakan membership meeting.

“Kalau kondisi PKM (pembatasan kegiatan masyarakat) atau PSBB dicabut, artinya kondisinya sudah aman kami jajaran pengurus akan masuk ke pabrik-pabrik menyosialisasikan pasangan Ngebas. Jumlah anggota kami hampir 20 ribu orang yang tersebar di 25 sampai 30 perusahaan,”  bebernya.

Sumanta mengaku juga sudah menyampaikan beberapa tuntutan buruh untuk ditindaklanjuti bila nanti terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Semarang. Tuntutan itu antara lain masalah penegakan hukum, kebebasan berserikat, penyelesaian perselisihan hubungan industrial, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta persoalan upah buruh.

“Kami yakin insyaallah pasangan Ngebas akan menang,” ucapnya.

Ketua Tim Kampanye Ngebas, Bondan Maturohening menyatakan adanya dukungan gabungan serikat buruh merupakan energi lebih bagi tim kampanye untuk memenangkan pilkada. Setidaknya kemenangan Ngebas semakin terbuka.

“Potensi suara dari buruh puluhan ribu, sehingga sangat signifikan ketika buruh bergabung dengan kami. Kami yakin akan memenangi pertarungan pilkada pada 9 Desember,” katanya.

Selain serikat buruh, ungkap Bondan, ada sejumlah komunitas lain yang juga mendukung Ngebas. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin menjaring dukungan suara  untuk memenangkan pilkada.

Sementara itu, Bakal Calon Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengaku dukungan serikat pekerja dan serikat buruh semakin memantapkan langkah untuk meraih kemenangan.

“Kami mengucapkan terima kasih, dukungan serikat pekerja dan serikat buruh semakin memantapkan langkah kami untuk memenangkan pilkada,” katanya.

Ngesti mengatakan, dirinya sudah menyampaikan kepada serikat buruh akan menjadikan rumah dinas bupati dan wakil bupati sebagai rumah aspirasi rakyat bila memenangi pilkada.

“Seandainya nanti ada kebuntuan komunikasi bisa didiskusikan sambila ngopi bareng, ngolah pikir bareng-bareng sehingga permasalahan bisa terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Terkait aspirasi buruh, Ngesti menyatakan selama regulasi memungkinkan akan memperjuangkan melalui mekanisme yang ada. (dhi/Cakram)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *