Komnas PA Kabupaten Semarang Dukung Ngebas

UNGARAN, Cakram.net – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kabupaten Semarang memberikan dukungan kepada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha-M Basari (Ngebas) pada Pilkada Kabupaten Semarang 2020. Paslon Ngebas diharapkan dapat melakukan perubahan yang berpihak terhadap anak di Kabupaten Semarang.

“Kami dari Komnas Anak Kabupaten Semarang siap memberi dukungan nyata kepasa pasangan Ngesti-Basari. Karena mereka menyatakan siap melindungi dan membela hak anak,” ungkap Sekretaris Komnas PA Kabupaten Semarang, Ari Sulistyo di Posko Pemenangan Ngebas di Tuntang, Kabupaten Semarang, Selasa (6/10/2020).

Ari mengatakan, hingga saini kesadaran orangtua dan orang dewasa dalam memahami hak anak masih kurang sehingga masih banyak anak yang menjadi korban. Hal itu salah satu penyebabnya adalah pemerintah.

“Pemerintah dalam hal ini pemimpin yang tidak memahami dan tidak melakukan sosialisasi UU Perlindungan Anak kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Ari, hampir setiap tahun terjadi kasus yang melibatkan anak sebagai korban seperti kekerasan seksual, kekerasan fisik, pernikahan dini dan penelantaran anak. Jumlah kasus yang terjadi mencapai puluhan.

“Kebanyakan berakhir damai atau kekeluargaan. Sehingga pelaku tidak merasa jera,” katanya.

Menyikapi hal itu, calon Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyatakan siap mewujudkan Kabupaten Semarang sebagai kabupaten yang berpihak kepada anak. Karena anak merupakan generasi penerus bangsa.

“Anak sebagai generasi penerus bangsa harus dijaga agar hak-haknya tidak terenggut oleh orang yang lebih dewasa,” katanya. (dhi/Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *