Bupati Semarang Hargai Dukungan TNI Resik-Resik Rawapening

Berbagi berita ...

UNGARAN, Cakram.net – Bupati Semarang dr Mundjirin menghargai dukungan Kodam IV/Diponegoro yang melakukan resik-resik (membersihkan) eceng gondok di Danau Rawapening. Menurutnya, revitalisasi salah satu danau prioritas nasional itu akan lebih cepat selesai dengan dukungan semua pihak.

“Harapannya revitalisasi Rawa Pening cepat selesai dengan dukungan TNI. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh warga sekitar,” katanya usai melihat kegiatan pembersihan eceng gondok oleh personel Batalyon Zeni Tempur 4/Tanpa Kawandya di Dusun Kelurahan Desa/Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Kamis (3/12/2020).

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan bingkisan kepada Komandan Yonzipur 4/TK Letkol CZi Nooris Agus Rinanto. Turut hadir Penjabat Sekda Valeanto Soekendro, Camat Tuntang Soetrisno dan Kabag Umum Setda Muslih.

Usai memberikan gambaran teknis penyelesaian pekerjaan kepada Bupati, Nooris menjelaskan pekerjaan itu sebagai tindak lanjut kerja sama antara Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana dengan Kodam IV Diponegoro. Yon Zipur 4/TK sebagai batalyon organik Kodam IV/Diponegoro ditunjuk sebagai pelaksana.

Sejak September lalu, lanjutnya, setiap hari dikerahkan seratus personel Yonzipur 4/TK untuk membersihkan eceng gondok. Tak hanya itu, warga sekitar juga dilibatkan dalam pekerjaan itu. Mereka dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang rawa yang dapat dimanfaatkan untuk memperlancar pekerjaan.

“Target luasan pembersihan 550 hektar harus selesai Desember. Pekerjaan ini menggunakan alat bantu berupa 33 alat excavator dan ponton untuk memenuhi target,” terang Nooris.(ril/Cakram)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *