Pembangunan RTH Bandungan Direncanakan April 2021

Berbagi berita ...

UNGARAN, Cakram.net – Rencana pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di Bandungan oleh Kementerian PUPR terus berjalan. Para pedagang di Pasar Bandungan yang akan menjadi lokasi pembangunan RTH telah setuju untuk pindah ke lokasi baru.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang akan melakukan landclearing pada awal Februari mendatang. Sehingga para pedagang harus sudah dipindahkan maksimal akhir Januari tahun 2021.

“Pembangunan RTH Bandungan direncanakan pada April 2021. Sebelumnya kita akan lakukan landclearing dengan dana dari APBD Kabupaten Semarang 2021,” terang Kepala DPU Kabupaten Semarang Totit F Oktoriyanto saat rapat koordinasi penataan kawasan wisata Bandungan di Gedung Dharma Satya Lantai II Kompleks Kantor Bupati Semarang di Ungaran, Kamis (17/12/2020).

Rapat dipimpin oleh Wakil Bupati Semarang H Ngesti Nugraha. Hadir pada acara itu para pimpinan SKPD terkait, Camat Bandungan serta undangan lainnya.

Lebih lanjut Totit menjelaskan, seluruh desain dan pengerjaan RTH dilakukan oleh Kementerian PUPR. Tak hanya itu, Pemprov Jateng juga ikut cawe-cawe (ikut membantu) melakukan pelebaran jalan lingkar eks Pasar Bandungan dengan anggaran senilai Rp10 miliar.

“RTH Bandungan nantinya berupa taman pasif, sehingga tidak bisa diakses oleh warga. Akses masuk bagi pejabat VIP rencananya akan dibuat terowongan di dekat Kantor Lurah Bandungan,” ungkapnya.

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha menegaskan pemindahan harus bisa diterima semua pihak terkait terutama pedagang. Penempatan para pedagang kios dan los di lokasi baru direncanakan pada 4-9 Januari 2021.

“Pemindahan pedagang itu yang harus diutamakan, agar berjalan lancar dan dapat diterima semua pihak,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Diskumperindag Heru Cahyono mengatakan penataan pedagang Pasar Bandungan di lokasi yang baru dilakukan berdasarkan komoditi. Berdasarkan pendataan tercatat ada 288 los tertutup dan 710 los terbuka yang ditempati para pedagang sekarang.

“Sudah dilakukan sosialisasi pemindahan kepada para pedagang sejak November lalu. Secara keseluruhan, pemindahan para pedagang telah siap dilakukan sesuai rencana,” ujarnya. (rls)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *