Polda Jateng Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan di Rest Area Jalan Tol

SEMARANG, Cakram.net – Polda Jawa Tengah bersama Satgas COVID-19 akan memperketat pengawasan protokol kesehatan di seluruh rest area jalan tol yang ada di wilayah Jawa Tengah selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2020. Hal itu untuk menekan terjadinya penyebaran COVID-19 dari pemudik saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan seluruh jajaran Polda Jateng melaksanakan operasi lilin yang dititikberatkan pada operasi kemanusian, yakni pengawasan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Pengawasan protokol kesehatan secara ketat lebih diutamakan kepada masyarakat yang masuk wilayah Polda Jateng, baik dari Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Dari Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta bisa masuk ke wilayah Jawa Tengah, tapi prioritas yang utama di jalan tol. Kita mempunyai 26 rest area yang akan menjadi prioritas pengawasan kepada masyarakat yang melaksanakan libur atau mudik hari raya Natal dan Tahun Baru,” ungkap Kapolda di sela pengecekan pos pengamanan terpadu Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Gerbang Tol Kalikangkung dan Rest Area KM 429, Selasa (22/12/2020).

Kapolda mengungkapkan, kepolisian bersama Satgas COVID-19 akan melaksanakan kegiatan pengecekan penerapan protokol kesehatan di setiap rest area jalan tol.

“Apabila ada masyarakat tidak memakai masker dan terindikasi suhu tubuhnya melebihi batas normal akan di-swab antigen. Sehingga penyebaran COVID-19 dari klaster pemudik bisa dikendalikan,” jelasnya.

Menurut Kapolda, selama pelaksanaan Operasi Lilin Candi tidak ada penyekatan. Namun pihaknya akan melakukan pembatasan arus kendaraan.

“Contohnya, saat buka tutup arus dari gerbang tol brexit (brebes exit) akan mendapatkan informasi dari Jakarta terkait kepadatan arus, sehingga akan terpantau berapa jumlah kendaraan dan kepadatan kendaraan. Ketika dari Brebes sampai Kalikangkung terjadi kepadatan arus, tim urai akan bisa melaksanakan kegiatan kepolisian dengan cepat,” kata Kapolda. (dhi)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *