Bupati dan Wakil Bupati Semarang Segera Realisasikan Program Unggulan Pembangunan Daerah

Berbagi berita ...

UNGARAN, Cakram.net – Bupati dan Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha dan M Basari, berjanji segera merealisasikan 64 program unggulan yang telah disusun untuk pembangunan daerah. Salah satu program yang menjadi prioritas untuk segera dilaksanakan adalah pencegahan, pengendalian dan penanganan COVID-19.

Hal itu disampaikan Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat menyampaikan pidato sambutan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Semarang, Jumat (26/2/2021).

“Kaitannya upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Semarang menjadi prioritas kita. Ini harus segera kita lakukan,” katanya.

Bupati mengatakan, saat ini seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga Kabupaten Semarang masih dalam suasana keprihatinan akibat pandemi COVID-19. Sehingga program-program upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan dampak pandemi COVID-19 menjadi prioritas.

“Baik dampak sosial, dampak ekonomi serta dampak lainnya adanya pandemi COVID-19 cukup mempengaruhi sendi kehidupan masyarakat. Itu menjadi prioritas penanganan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan peningkatan dan pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan juga menjadi program prioritas. Selain itu, program pembiayaan ekonomi kerakyatan, koperasi, UMKM, ekonomi kreatif serta pengembangan hasil produksi berbasis teknologi.

“Upaya peningkatan produktivitas dan hasil produksi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang berbasis teknologi untuk mendukung ketahanan pangan serta berusaha memfasilitasi pemasarannya. Juga pemberian bantuan sosial kemasyarakat dan keagamaan,” jelasnya.

Pihaknya juga akan mendorong terciptanya partisipasi masyarakat. Salah satunya menjadikan rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Semarang sebagai rumah aspirasi rakyat.

“Kita berupaya maksimal merangkul semua pihak, baik dari Forkimpda, OPD, Camat, kades/lurah, dan media untuk diskusi bersama dalam rangka membangun kabupaten semarang lebih baik. Ini nanti kita wujudkan dalam ‘Ngopi Bareng’, ngolah pikir bareng-bareng,” ujarnya.

Bupati mengungkapkan, pihaknya sudah meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menerjemahkan visi misi dan program unggulan yang sudah disampaikan kepada masyarakat.

“Kita punya program unggulan seperti ini, inovasi OPD seperti apa? Kita waktunya pendek sementara program kita banyak, harus ada inovasi termasuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) juga penting sekali. Kita siapkan kiat-kiatnya,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta doa restu, dukungan, bantuan, serta kerja sama kepada Forkompimda, DPRD, seluruh OPD, Camat, Kades/Lurah serta seluruh masyarakat Kabupaten Semarang.

“Semoga Kabupaten Semarang Semarang dapat semakin lebih maju. Insyallah masyarakat semakin sejahtera,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Semarang M Basari mengingatkan Bupati Semarang saat ini lebih muda sehingga memiliki semangat lebih dalam membangun daerah.

“Bupatinya lebih muda, saya yakin lebih semangat. Pak Bupati sudah menyampaikan dalam melakukan pekerjaan kita dituntut kecepatan dan ketepatan, saya berharap pengertian teman-teman OPD dalam rangka mendukung program-program bupati,” tandasnya.

Basari meyakini adanya kerja sama dan kebersamaan semua pihak akan menjadikan Kabupaten Semarang lebih baik. Dirinya dan Ngesti Nugraha punya tujuan mewujudkan Kabupaten Semarang semakin baik. (dhi)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *