Pemkab Semarang Bersama TNI Polri Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Wilayah Zona Merah

UNGARAN, Cakram.net – Pemkab Semarang berkomitmen menekan laju penyebaran Covid-19, apalagi hingga saat ini jumlah kasus baru positif Covid-19 masih mengalami kenaikan. Bahkan empat kecamatan di Kabupaten Semarang masuk zona merah Covid-19, yakni Ambarawa, Bringin, Pabelan dan Getasan.

Salah satu upaya menekan penyebaran Covid-19, Pemkab Semarang bekerja sama dengan Polres Semarang dan Kodim 0714/Salatiga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum di wilayah empat kecamatan zona merah. Pelepasan tim penyemprotan dilakukan oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha di halaman Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Kamis 10 Juni 2021.

Bupati mengimbau warga untuk mentaati instruksi Bupati Semarang Nomor 14 Tahun 2021 terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sehingga tidak terjadi kerumunan warga di pasar tradisional, tempat hiburan maupun di acara hajatan.

“Kita mengimbau semua pihak mematuhi instruksi itu guna menekan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Menurut Bupati, Pemkab Semarang telah menyiapkan tambahan kamar di rumah singgah Pringapus dan Kopeng untuk mengantisipasi kondisi terburuk. Berdasarkan data Dinas Kesehatan, jumlah pasien positif Covid-19 saat ini meningkat secara drastis.

Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo saat memimpin apel kesiapan peralatan dan personel mengatakan penyemprotan akan dilakukan secara masif di wilayah Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang bersifat preventif dan dilakukan secara humanis. Para personel tetap mentaati prosedur penyemprotan dan mengenakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, kacamata dan masker dobel.

“Kegiatan penyemprotan dilakukan dalam rangka mendukung instruksi Bupati Semarang menekan angka (kasus) Covid-19 (baru) di Kabupaten Semarang pelaksanaannya dilakukan secara masif dengan memberikan bantuan dari BPBD dan Damkar di 4 wilayah zona merah serta di wilayah lain yang melibatkan pemerintah, TNI dan Polri di tiap tiap kecamatan,” jelasnya.

Kabag Ops Polres Semarang AKP Sandhi Widyanoe menambahkan tim penyemprotan disinfektan dibantu satu unit kendaraan taktis Armoured Water Canon (AWC) milik Polres Semarang, tiga unit mobil tanki Damkar dan dua truk tanki BPBD berisi ribuan liter disinfektan. Sedangkan puluhan personel yang dari Kodim 0714/Salatiga,  Polres Semarang, Satpol PP dan Damkar serta BPBD.

“Ada empat tim yang akan bertugas melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum di empat kecamatan zona merah dan Ungaran Timur yang ada penambahan kasus Covid  19 ,” imbuhnya. (Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *