Disnakkan Boyolali Lakukan Pemeriksaan Antemortem untuk Hewan Kurban

BOYOLALI, Cakram.net – Jelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah/2023 Masehi, Disnas peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali melakukan pemeriksaan antemortem untuk hewan kurban, Jumat 16 Juni 2023. Kegiatan ini melibatkan tim dari kesehatan hewan dan pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Disnakkan Kabupaten Boyolali dan disebar di beberapa tempat di Boyolali.

Dilansir dari boyolali.go.id, Jumat 16 Juni 2023, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Kabupaten Boyolali, Afiany Rifdania menjelaskan kegiatan ini dalam rangka pengecekan kesehatan hewan ternak seperti kambing, domba dan sapi yang nantinya akan dijadikan kurban.

“Jika ada terjadi penyakit-penyakit yang mungkin nanti menular bisa kita tanggulangi sedini mungkin,” katanya.

Ia menyampaikan, pengecekan yang dilakukan adalah suhu badan, umur yang cukup, gigi ternak, tidak cacat dan tidak berpenyakit. Hari ini sudah dilakukan pemeriksaan di beberapa tempat, seperti di Kecamatan Teras, Karanggede, Simo dan Ngemplak. Ia bersama tim akan berkeliling di seluruh wilayah Kabupaten Boyolali untuk melakukan pemeriksaan yang sama.

Pada pemeriksaan kali ini, Afiany Rifdania yang akrab disapa Afi membeberkan sudah ada beberapa temuan penyakit seperti diare dan sakit mata akibat cuaca panas dan perjalanan jauh. Ada pula penyakit menular yang beberapa waktu marak seperti Lumpy Skin Disease (LSD) pada lima ekor sapi, selanjutnya akan diisolasi dan diobati terlebih dahulu.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *