DKPPP Temanggung Perketat Pengawasan Hewan Kurban

TEMANGGUNG, Cakram.net – Menjelang Hari Raya Iduladha, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung memperketat pengawasan hewan kurban.

Kepala UPT Pasar Hewan, Antik Choiriyah mengatakan, selain untuk menjamin kesehatan dan layak untuk menjadi hewan kurban yang layak konsumsi, pengawasan dilakukan untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD).

Seperti di Pasar Ternak Terpadu Temanggung, di Desa Badran, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Selasa 13 Juni 2023. Satu persatu kendaraan yang membawa ternak diberhentikan dan diperiksa satu persatu hewan bawaannya oleh petugas kesehatan.

“Jadi hewan-hewan yang masuk ke Pasar Hewan itu kita periksa kesehatannya terlebih dahulu. Dari pemeriksaan sampai saat ini belum ditemui hewan ternak yang dipasarkan terindikasi penyakit berbahaya. Alhamdulillah sehat semua,” terang Antik Choiriyah, dilansir dari mediacenter.temanggungkab.go.id, Rabu 14 Juni 2023.

Selain pengetatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, DKPPP Temanggung juga mendirikan tempat isolasi khusus untuk mengantisipasi jika ditemukan hewan terindikasi penyakit menular, seperti penyakit PMK dan LSD.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *