Ekspor Gula Merah Kristal Tingkatkan Kesejahteraan Petani Nira

PURBALINGGA, Cakram.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melepas ekspor sebanyak 25 ton gula merah kristal produksi CV Bunga Palm Purbalingga. Pelepasan dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin di Pendopo Dipokusumo, Kamis 22 Juni 2023.

Johan berpesan untuk senantiasa menjaga kualitas produk dan kepercayaan dari buyer karena ekspor kali ini adalah yang keempat kalinya dengan tujuan Amerika Serikat. Selain itu, dia berharap dengan adanya pemasaran ke luar negeri ini bisa meningkatkan devisa tapi juga semakin meningkatkan kesejahteraan para petani nira di Purbalingga.

“Jaga kualitas, jaga kepercayaan, artinya ini sudah yang keempat kali, produk kita sudah diakui,” katanya.

Selain ekspor gula merah kristal, dalam acara tersebut Dikta Zanwar (26) executive board CV Bunga Palm Purbalingga menyampaikan ada juga pembagian 1.000 bibit pohon kelapa jenis gajah entok, wajan stainless steel, dan polis asuransi bagi petani nira. Menurutnya, saat ini ada 300 hingga 400 petani nira binaan CV Bunga Palm.

Muksin Kamal, petani nira asal Desa Tangkisan Kecamatan Mrebet Purbalingga yang telah 25 tahun berprofesi sebagai penderes mengatakan dengan adanya ekspor ini harga gula merah yang dia hasilkan bisa dihargai lebih tinggi. Ia berharap dengan ekspor bisa menambah semangat para petani nira untuk terus menghasilkan gula merah yang berkualitas.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *