Pemkot Yogyakarta Gunakan Kendaraan Listrik Jangkau Pelayanan Publik ke Wilayah

YOGYAKARTA, Cakram.net – Pemerintah Kota Yogyakarta kembali menambah 11 armada kendaraan listrik untuk menunjang pelayanan publik di wilayah, di mana 10 di antaranya merupakan motor listrik dan sisanya 1 unit mobil listrik.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, pengadaan tersebut merupakan bagian dari komitmen dalam program nasional tentang percepatan implementasi penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) juga upaya mengurangi pencemaran udara dari asap kendaraan bermotor.

“Ini kali kedua Pemkot melakukan pengadaan kendaraan listrik, selain sebagai progam nasional dengan adanya penambahan armada ini juga menjadi komitmen Pemkot untuk mengurangi emisi gas. Dimulai dengan penggantian kendaraan bermotor dari BBM ke listrik, yang harapannya juga dapat diikuti daerah lain serta masyarakat umum,” ujarnya, dilansir dari warta.jogjakota.go.id, Senin 27 November 2023.

Selain ramah lingkungan, menurutnya kendaraan listrik juga lebih efisien dari segi penggunaan, pemeliharaan dan operasionalnya. Seperti misalnya mobil listrik yang akan digunakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam pelayanan administrasi kependudukan atau adminduk di wilayah.

“Dengan adanya mobil listrik yang ukurannya kecil ini tentu akan memudahkan untuk mendekatkan layanan adminduk ke masyarakat. Bisa menjangkau gang dan kampung di wilayah Kota Yogyakarta, sehingga pelayanan door to door akan semakin lancar,” tambahnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *