Festival Gunung Slamet Masuk Agenda Event Nasional

PURBALINGGA, Cakram.net – Festival Gunung Slamet menjadi bagian dari 110 acara pariwisata nasional yang terangkum dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Agenda acara pariwisata seluruh Indonesia itu, diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ) Kemenparekraf Republik Indonesia berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) di seluruh Indonesia, dan para pemangku kepentingan terkait.

“Setelah dilakukan paparan dan seleksi, akhirnya FGS (Festival Gunung Slamet) berhasil lolos menjadi salah satu event berkualitas, yang ditetapkan oleh Kemenparekraf pada KEN 2024,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga, Prayitno, dilansir dari jatengprov.go.id, Rabu 31 Januari 2024.

Menurutnya, 110 agenda wisata yang lolos seleksi merupakan hasil kurasi dari 252 acara yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia. Seleksi hingga kurasi event, lanjutnya, dilaksanakan sejak Oktober 2023. FGS yang telah digelar rutin hingga enam kali pun dinyatakan lolos, setelah melewati tiga tahapan utama seleksi KEN 2024, berupa seleksi administrasi, konten, dan wawancara.

“Pada tahun ini, tahapan seleksi melibatkan Tim Kurator yang terdiri dari lima bidang, di antaranya Bidang Ide dan Inovasi, Bidang Pemasaran dan Strategi Komunikasi, Bidang Manajemen Kegiatan, Bidang Manajemen Keuangan, dan Bidang Analisis Dampak,” tambahnya.

Prayitno berharap, terpilihnya FGS sebagai salah satu acara level nasional, akan memikat para wisatawan serta menimbulkan multilayer effect bagi Masyarakat, baik pelaku wisata, pelaku UMKM, pengusaha akomodasi wisata, pengusaha kuliner, maupun pelaku usaha jasa pariwisata lainnya. Selain Festival Gunung Slamet di Purbalingga, terdapat tiga kabupaten/kota di Jawa Tengah yang juga sukses meloloskan acara pariwisatanya, yakni satu acara di Purbalingga dan Banjarnegara, dua acara di Kota Semarang, dan empat acara di Kota Surakarta.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *