Festival Kentongan 2023, Wahana Populerkan Budaya Asli Purbalingga

PURBALINGGA, CAKRAM.net – Masih dalam rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purbalingga digelar Festival Kentongan 2023 dengan start-finish di Alun-alun Purbalingga dan Taman Kota Usman Janatin.

Sekda Purbalingga Herni Sulasti mewakili Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menguri-nguri budaya populer asli Purbalingga dan sekitarnya ini.

“Keberadaan seni tradisional kentongan wajib kita rawat, kita jaga, dan kita lestarikan supaya tidak mengalami kepunahan, apalagi diakui oleh pihak asing,” kata Sekda Herni membacakan sambutan Bupati Purbalingga saat hadir dalam Festival Kentongan 2023 di Alun-alun Purbalingga, Sabtu 30 Desember 2023.

Diharapkan dengan diselenggarakannya festival ini bisa untuk mempromosikan dan mempopulerkan musik kentongan yang merupakan musik dan budaya populer di wilayah Karesidenan Banyumas.

“Dengan kepopuleran musik tradisional ini, diharapkan bisa berkolaborasi dengan destinasi wisata yang pada akhirnya menjadi bagian ekonomi kreatif,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Herni mewakili Pemkab Purbalingga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Purbalingga atas dukungan dan partisipasinya dalam menyukseskan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-193 Purbalingga.

“Tak lupa kami nderek titip, jelang coblosan Pemilu Serentak 2024, masyarakat bisa berkontribusi dan menjaga kondusifitas demi suksesnya Pemilu 2024,” kata Sekda Herni.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut diikuti oleh 9 grup kentongan, yakni 5 grup kentongan dari Purbalingga dan 4 grup kentongan dari kabupaten lainnya. Para peserta memperebutkan hadiah total senilai Rp 13 juta dan trofi.

Pada akhir perhitungan nilai oleh dewan juri, Grup Seniman Ghaib dari Purbalingga berhasil menjadi Juara 1, disusul oleh Grup Mukela (Baturraden, Banyumas) sebagai Juara 2, dan Grup Irama Sabuk Wulung (Purbalingga) sebagai Juara 3.

Sementara itu untuk Juara Harapan 1 diraih oleh Grup Garuda Mas (Rawalo, Banyumas), disusul oleh Grup WP Productions sebagai Juara Harapan 2, dan Grup Arkana Satya Perwira (Purbalingga) sebagai Juara Harapan 3.(*)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *