Masyarakat Diimbau Waspadai Penyakit Musim Pancaroba dengan PHBS

YOGYAKARTA, Cakram.net – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta terus memastikan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang banyak ditemukan saat musim pancaroba atau musim hujan seperti saat ini dapat turun secara signifikan dengan berbagai upaya yang dilakukan. Salah satunya dengan mengajak para kader DBD di wilayah untuk selalu memberikan edukasi dan sosialisasi penanganan DBD.

Dinkes Kota Yogyakarta juga bekerja sama dengan UGM dalam  monitoring secara berkala mengenai populasi nyamuk berwolbachia di Kota Yogyakarta.

“Saat ini DBD di Kota Yogyakarta merupakan yang paling rendah se DIY. Hal ini karena adanya kegiatan dari kader dan warga dalam menanggulangi terjadinya penyakit DBD,” jelas Programer Kegiatan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DBD Dinkes Kota Yogyakarta, Rubangi, dilansir dari warta.jogjakota.go.id, Jumat 12 Januari 2024.

Hingga akhir Desember 2023, Rubangi mengungkapkan, kasus DBD di Kota Yogyakarta mencapai 88 kasus. Kasus DBD ini merupakan yang terendah sejak tahun 2022 yang berjumlah 180 kasus DBD di Kota Yogyakarta.

“Saya berharap nyamuk berwolbachia persentasenya bertambah sehingga kasusnya menurun dan tentunya akan mengurangi pelaksanaan anggaran khususnya pelaksanaan fogging di Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *