Pendidikan Inklusi di Yogyakarta Jadi Acuan Belajar Kabupaten Parigi Moutong  

YOGYAKARTA, Cakram.net – Pemerintah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Kamis 22 Februari 2024. Kunjungan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong itu untuk belajar terkait kebijakan dan pelayanan pendidikan inklusi  bagi penyandang disabilitas di Kota Yogyakarta.

Kunjungan kerja tersebut dipimpin oleh Penjabat Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo dan jajarannya. Kunjungan diterima oleh Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Yogyakarta, Yunianto Dwisutono serta jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta.

Yunianto menyambut baik kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong terkait pelayanan pendidikan inklusi di Kota Yogyakarta. Pihaknya menegaskan Pemkot Yogyakarta memastikan semua masyarakat mendapatkan akses pendidikan. Termasuk bagi anak-anak penyandang disabilitas bisa mendapat pendidikan.

“Kota Yogyakarta memiliki luas yang kecil dibandingkan Kabupaten Parigi. Tapi penduduk kami hampir sama besar. Kami berupaya memberikan layanan pendidikan yang terbaik kepada semua masyarakat, termasuk untuk anak berkebutuhan khusus,” kata Yunianto, dilansir dari warta.jogjakota.go.id, Jumat 23 Februari 2024.

Pemkot Yogyakarta sudah memiliki peraturan-peraturan yang mendukung untuk penyelenggaraan sekolah inklusi. Ada Peraturan Daerah (perda) nomor 5 tahun 2008 tentang sistem penyelenggaraan pendidikan dan Peraturan Wali Kota nomor 47 tahun 2008 tentang penyelenggaran pendidikan inklusi. Termasuk Perda Kota Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2019, tentang pemajuan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *