Harga Cabai di Tingkat Petani Merangkak Naik

TEMANGGUNG, Cakram.net – Harga cabai merah jenis sret di tingkat petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mulai merangkak naik dari harga Rp20.000 per kilogram menjadi Rp35.000 per kilogram.

Seorang petani asal Desa Nampirejo, Kecamatan Tembarak, Nasrofi (32), mengatakan kenaikan harga cabai terjadi sejak satu pekan ini, karena hasil panen menurun akibat pengaruh cuaca.

“Akibat pengaruh cuaca itu memicu munculnya hama penyakit seperti lalat buah dan patek, hampir 20 persen tanaman terserang hama penyakit itu. Buah cabainya itu ada bercak hitam dan jika dipetik sudah membusuk, daun tanaman juga menguning, karena terserang hama patek,” katanya, dilansir dari mediacenter.temanggungkab.go.id, Senin 8 Juli 2024.

Ia mengatakan, jika sudah terserang hama penyakit itu mengakibatkan produktifitas tanaman tidak maksimal. Bahkan, hasil panennya menurun hingga 20 persen.

“Saya sudah lakukan pengobatan menggunakan obat-obatan pestisida maupun insektisida, Alhamdulillah berkurang, tetapi pengobatan itu harus dilakukan secara rutin agar tidak menyebar hama penyakitnya itu,” imbuhnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *