Bus Joglosemar Terbakar di Gemawang Jambu

Berbagi berita ...

JAMBU (Cakram.net) – Bus Joglosemar jusuran Yogyakarta-Semarang bernomor polisi AB 7778 JN ludes terbakar di jalan raya Ambarawa-Magelang, tepatnya di Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Kamis (26/9/2019)  sekira pukul 12.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya bus tersebut.

Informasi yang diperoleh, bus naas ini membawa 20 orang penumpang tujuan Semarang. Bus berangkat dari Yogyakarta sekitar pukul 10.00. Saat perjalanan dari Yogyakarta, sopir bus Agus Saptono (40) bersama para penumpang sempat istirahat di rest area  Pringsurat.

Menurut Agus, kendaraan tidak ada masalah ketika sampai rest area Pringsurat. Namun saat perjalanan melewati tanjakan perbatasan antara Kabupaten Semarang dengan Temanggung, AC mati. Merasa curiga, Agus kemudian menepikan bus.

‘’Saya telah berupaya menepikan bus, hanya saja belum sampai turun dari badan jalan mesin bus sudah mati. Seketika itu muncul asap tebal dari mesin yang masuk ke kabin,’’ ungkap Agus di lokasi kejadian.

Agus kemudian berusaha mengevakuasi seluruh penumpang agar segera keluar dari dalam bus. Dia juga berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (Apar) yang ada. Namun usahanya tak berhasil, karena kobaran api tak bisa dikendalikan hingga membakas seluruh bodi bus. ‘’Seluruh penumpang selamat. Penumpang akan dialihkan untuk melanjutkan perjalanan dengan bus yang dikirim dari kantor agen terdekat,” ujarnya.

Kobaran api sempat mengenai kios kosong milik Tri Ariati (38), warga Gemawang. Api baru bisa dipadamkan  setelah dua mobil pemadam kebakaran bersama regu pemadam dari Pos Tengaran dan Pos Bringin tiba di lokasi kejadian. Proses pemadaman api berlangsung kurang dari satu jam.

Adanya kebakaran bus ini  sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Selama pemadaman bus dan kios yang terbakar, arus lalu lintas jalan raya Ambarawa-Magelang ditutup sementara. Sehingga terjadi antrian panjang kendaraan.

Kasubag Humas Polres Semarang Iptu Budi Supraptono saat dikonfirmasi menjelaskan hasil olah TKP dugaan sementara penyebab kebakaran bus adanya hubungan arus pendek atau korsleting pada sistem kelistrikan. Dalam kejadian itu seluruh penumpang bus selamat, namun sebagian barang-barang milik penumpang di bagasi bus tidak bisa diselamatkan. ‘’Tidak ada korban jiwa. Polisi masih menyelidiki penyebab  terjadinya kebakaran,’’ katanya. dhi



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *