Tim Gugus Tugas COVID-19 Wonosobo Kembali Lakukan Tes Cepat di Pasar

WONOSOBO, Cakram.net – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, kembali melakukan tes cepat (rapid test) di tiga pasar tradisional untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Wonosobo dr. Muhamad Riyatno di Wonosobo, Kamis (21/5/2020), mengatakan Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Gugus Tugas Percepatan penanganan COVID-19 kembali menggelar tes cepat di kawasan perbelanjaan umum.

Ia menyebutkan, sasaran tes cepat di kawasan pasar pagi, Pasar Induk Wonosobo, dan Pasar Hewan Garung.

Menurut dia tes cepat dilakukan untuk menemukan potensi warga terpapar virus corona.

Unsur pimpinan daerah dan forkompimda turut memantau proses tes cepat secara acak tersebut beserta camat dan para petugas dari Puskesmas Garung.

Riyatno menjelaskan kegiatan tes cepat tersebut merupakan tindak lanjut dari aksi serupa belum lama ini.

“Karena dari tes cepat secara random beberapa waktu lalu, di kawasan kota Wonosobo ditemukan karyawan di salah satu pusat perbelanjaan yang hasilnya reaktif, maka hari ini kami melanjutkan ke sejumlah tempat lain,” katanya.

Ia menyebutkan sebanyak 111 orang dilakukan tes cepat di ketiga lokasi tersebut, hasilnya ada 1 warga yang terindikasi reaktif dan langsung dibawa dengan ambulans ke rumah sakit.

Menurut dia dari tes cepat di sejumlah tempat yang telah dilakukan tersebut potensi penularan COVID-19 di Kabupaten Wonosobo masih perlu diwaspadai.

Oleh karena itu, katanya masyarakat harus lebih disiplin dalam upaya mencegah penularan, dengan tetap berada di rumah dan meminimalkan kontak dengan orang lain, apalagi di tempat keramaian.

“Disiplin mengenakan masker ketika berada di luar rumah, rajin mencuci tangan, serta menjaga daya tahan tubuh dengan asupan makanan bergizi,” katanya. (Ant/Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *