Bupati Semarang Sampaikan Rancangan Awal RPJMD 2021-2026 ke DPRD

Berbagi berita ...

UNGARAN, Cakram.net – Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Semarang, Rabu (7/4/2021). Bupati berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Semarang yang  Bersatu, Berdaulat, Berkepribadian, Sejahtera dan Mandiri (Berdikari).

“Permasalahan dan isu – isu strategis pembangunan selama lima tahun ke depan mencakup seluruh aspek, baik sosial, ekonomi maupun lingkungan sudah mulai kami perhitungkan sejak awal.  Selama kurun waktu masa kepemimpinan kami ke depannya, kami berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Semarang sebagaimana visi kami yakni Bersatu, Berdaulat, Berkepribadian, Sejahtera dan Mandiri. Untuk mencapai visi tersebut  telah kami tuangkan dalam 7 misi yang akan dilakukan,” kata Bupati dalam sambutannya di rapat paripurna DPRD Kabupaten Semarang.

Adapun 7 misi tersebut yang pertama adalah meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat Kabupaten Semarang, berbudaya serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, meningkatkan kemandirian perekonomian daerah yang berbasis pada industri, pertanian dan pariwisata (Intanpari) serta sektor lain yang berwawasan lingkungan.

Ketiga, meningkatkan kepemerintahan yang baik (good governance), demokratis, dan bertanggung jawab didukung oleh aparatur yang kompeten dan profesional, bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Keempat, meningkatkan kualitas, kuantitas dan pemerataan sarana prasarana yang seimbang guna menunjang pengembangan wilayah, penyediaan pelayanan dasar, dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Misi kelima yakni meningkatkan kepastian hukum, penegakan HAM, mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, serta perlindungan anak di semua bidang pembangunan. Keenam, meningkatkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan tetap menjaga kelestariannya, dan ketujuh  meningkatkan pemberdayaan pemuda, olahraga serta melestarikan seni dan budaya lokal.

“Penjabaran dari visi dan misi tersebut kami terjemahkan dalam pelaksanaan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Semarang yang meliputi tujuh bidang, yaitu bidang kesehatan dengan 11 program unggulan, pendidikan dengan 12 program unggulan, infrastruktur dengan 7 program unggulan, ekonomi dengan 7 program unggulan, pemerintahan dengan 15 program unggulan, pertanian dengan 6 program unggulan, dan bidang sosial dengan 6 program unggulan,” jelas Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening mengatakan DPRD akan membahas serta mengkaji rancangan awal RPJMD yang disampaikan bupati. Setelah itu, dibuat kesepakatan dengan bupati untuk penyusunan Peraturan Daerah (Perda) RPJMD 2021-2026.

“Kajian dan pembahasan rancangan awal RPJMD pada 8-15 April 2021. Dibahas di Komisi dengan mitra kerja dan bidang masing-masing, karena menyangkut seluruh bidang,” ujarnya.

Saat melakukan pembahasan dan kajian, kata Bondan, rancangan awal RPJMD tersebut akan disinkronkan dengan visi misi bupati. Sebab RPJMD akan menjadi panduan pembangunan lima tahun ke depan.

“Kami dari dewan akan berusaha untuk membahas dan menghasilkan RPJMD yang sesuai visi misi bupati, dan berpihak kepada masyarakat,” janjinya. (dhi)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *