Pemkab Magelang Vaksinasi Covid-19 Pada Ibu Hamil dan Disabilitas

MAGELANG, Cakram.net – Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyandang disabilitas. Vaksinasi tersebut dilaksanakan di lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid dan 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Magelang, Senin 30 Agustus 2021.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Magelang, Sri Wahyuningsih menyampaikan tujuan vaksinasi Covid-19 ini sebagai upaya meminimalkan resiko terjadinya infeksi Covid-19 pada kedua kelompok tersebut.

Menurutnya, ibu hamil yang sudah mendapatkan vaksinasi akan mengurangi kemungkinan terjadinya perburukan dan  perawatan intensif, sedangkan pemberian vaksinasi pada penyandang disabilitas adalah untuk memberikan pelayanan yang inklusif dan proaktif sebagai upaya menjamin akses perlindungan kesehatan terhadap paparan Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada hari ini di lapangan drh Soepardi sebanyak 40 orang terdiri dari ibu hamil sebanyak 10 orang pendampingnya dengan vaksin Sinovac oleh Tim Vaksinator Puskesmas Borobudur,” jelas Sri Wahyuningsih, dilansir dari laman Pemkab Magelang.

Untuk peserta dari penyandang disabilitas sebanyak 12 orang dan pendamping 8 orang dengan vaksinator dari Puskesmas Mungkid.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin yang hadir dalam kesempatan tersebut menyatakan siap mendukung program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang untuk masyarakat rentan terutama bagi ibu hamil dan disabilitas.

“Kami siap mendukung para kader kami (kader PKK) untuk menggerakkan massa/sasaran, sehingga apa yang menjadi target vaksinasi di tingkat Kabupaten Magelang bisa cepat tercapai,” kata Christanti.

Christanti juga mengimbau kepada kelompok ibu hamil, penyandang disabilitas dan masyarakat pada umumnya agar  jangan ragu dan takut untuk vaksinasi karena ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

“Pemerintah sudah sangat mempertimbangkan bahwa vaksin ini aman, halal jadi jangan takut dan jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan,” pungkas Christanti.

Jumlah sasaran total vaksinasi Kabupaten Magelang sebanyak 1.029.210 orang yang terdiri dari, sasaran SDMK sebanyak 2.762 orang, Lansia 141.361 orang, petugas publik 92.707 orang, remaja 118.328 orang dan untuk masyarakat

rentan dan masyarakat umum sebanyak 674.052 orang.

Jumlah sasaran vaksinasi ibu hamil pada tahap ini sebanyak 2.674 dari total sasaran 4.756 orang. Sejak minggu lalu sudah tercapai 30 persen lebih. Vaksinasi terhadap ibu hamil ditargetkan selesai pekan depan. (Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *