Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil di Klaten Dimulai Hari ini

KLATEN, Cakram.net – Kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Kabupaten Klaten sudah dimulai pada Kamis 19 Agustus 2021, serentak dengan pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil di seluruh Indonesia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani beserta Ketua TP PKK Kabupten Klaten sempat mengecek secara langsung vaksinasi tahap  pertama di Puskesmas Klaten Tengah yang pelaksanaanya bertempat di Maria Assumpta. Bupati juga didampaingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kabupaten Semarang, Tuti Nurharyanti saat memantau jalannya vaksinasi.

Dilansir dari laman Pemkab Klaten, Tuti menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil tersebut bekerja sama dengan persatuan dokter Obgyn (obstetrics and gynecology) atau dokter kandungan se-Indonesia.

“Kita di Klaten, untuk pencanangannya di Puskesmas Klaten Tengah. Di seluruh puskesmas di Kabupaten Klaten juga melaksanakan dengan sasarannya masing-masing,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, sasaran vaksinasi ada sekitar 4.200-an ibu hamil yang usia kandungannya di atas 12 minggu sampai 33 minggu. Tapi untuk tahap pertama ini sebanyak 2.000 ibu hamil, dan nanti akan dilanjutkan.

“Harapannya tentunya dengan adanya kegiatan vaksinasi ini menimbulkan dan. memunculkan imunitas bagi ibu hamil terhadap virus Corona. Karena kematian ibu di masa pandemi Covid-19 sangat meningkat,” ungkapnya.

Dikatakan, semakin banyak yang tervaksin Covid-19 akan terbentuk herd immunity di masyarakat. selain vaksinasi, untuk menjaga kesehatan ibu hamil harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan vitamin yang dianjurkan, terutama penambah darah.

Di awal juga ada imunisasi tetanus toxoid bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus ketika melahirkan, kemudian aktivitas ibu juga harus dijaga.

“Yang jelas adalah pemeriksaan rutin ibu hamil di fasilitas kesehatan. Kalau memang kondisinya risiko tinggi harus dirujuk ke dokter kandungan,” pungkasnya. (Cakram)

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *