Tambah Empat Puskesmas Pembantu, Pemkot Yogyakarta Siap Implementasikan Layanan Kesehatan Primer

YOGYAKARTA, Cakram.net – Dalam rangka meningkatkan standarisasi pelayanan kesehatan di wilayah, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta akan mengimplementasikan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di seluruh Puskesmas di Kota Yogyakarta. Di mana integrasi layanan primer menjadi suatu keharusan khususnya dalam penyediaan layanan kesehatan yang terkoordinasi dan melibatkan berbagai sektor terkait.

Untuk itu, keberadaan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) di Kota Yogyakarta memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkannya. Sehingga harapannya pelayanan kesehatan di Kota Yogyakarta tertangani dengan cepat, tepat dan tuntas.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinkes Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani, pada saat diwawancarai seusai kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Posyandu ILP di Kota Yogyakarta di Fave Hotel Jalan Kusumanegara Yogyakarta, Rabu 7 Februari 2024.

“Program ILP ini sudah dilakukan Pemkot Yogyakarta di Puskesmas Pembantu. Namun dari Kementerian Kesehatan RI memiliki branding baru dengan program sesuai siklus makhluk hidup yakni mulai bayi, balita, anak, remaja, ibu hamil, usia produktif hingga lansia, pemeriksaan berdasarkan itu,” jelas Emma, dilansir dari warta.jogjakota.go.id, Kamis 8 Februari 2024.

Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Pos Pelayanan Terpadu.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *