Si Ciplos, Maskot Pemilihan Bupati Semarang

Berbagi berita ...

UNGARAN, Cakram.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang telah membuat maskot untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Semarang 2020. Maskot berupa burung cipoh kacat tersebut diberi nama Si Ciplos.

Untuk mengenalkan kepada masyarakat di Kabupaten Semarang, KPU Kabupaten Semarang secara resmi meluncurkan maskot Si Ciplos di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Senin (28/10/2019) malam. Acara peluncuran Si Ciplos dihadiri Bupati Semarang dr Mundjirin, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto dan jajaran Forkompimda Kabupaten Semarang.

“Sosialiasi maskot Si Ciplos ini diharapkan dapat menjadi informasi penting bagi masyarakat, terutama para pemilih untuk menggunakan hak pemilih saat pilbub nanti,” kata Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi.

Maskup mengungkapkan, tingkat partisipasi pemilih pada Pilpres 2019 mencapai angka 86,04 persen. Partisipasi pemilih sebesar itu tergolong tinggi untuk di Jawa Tengah. ‘’Harapannya angka partisipasi pemilih tersebut dapat dipertahankan pada pemilih pemilihan kepala daerah 2020, bahkan bisa lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Menurut Maskup, KPU Kabupaten Semarang sengaja meluncurkan maskot dan jinggle Pilbup lebih awal dibanding 21 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Dia berharap pemilih di Kabupaten Semarang punya kesadaran untuk menggunakan hak pilihnya. ‘’Sosialisasi lebih awal ini diharapkan akan semakin menyadarkan pemilih untuk menggunakan hak pilihnya nanti,’’  harapnya.

Sementara itu, Bupati Semarang dr Mundjirin menandaskan semua pihak harus mendukung langkah KPU guna menyukseskan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Semarang tahun 2020.  Dia meminta masyarakat menggunakan hak pilihnya. ‘’Mari kita gunakan hak pilih dengan baik. Selain itu, jaga persatuan dan waspadai berita bohong atau hoaks saat kampanye yang dapat mengancam persatuan kita,’’ tandasnya. (dhi)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *