Pemkab Boyolali Tutup Objek Wisata Kebun Raya Indrokilo Cegah COVID-19

Berbagi berita ...

BOYOLALI, Cakram.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Likungan Hidup setempat menutup sementara objek wisata Kebun Raya (KR) Indrokilo untuk dikunjungi sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Kepala DLH Kabupaten Boyolali Lucia Dyah Suciati di Boyolali, Selasa, mengatakan, penutupan sementara objek wisata KR Indrokilo Boyolali tersebut diputuskan dari hasil rapat terbatas dengan Forkopimda Kabupaten Boyolali, pada Senin (16/3/2020).

“Kami mengambil kebijakan untuk menutup sementara kunjungan dari luar ke KR Indrokilo Boyolali, mulai Selasa ini,” kata Lucia Dyah Suciati.

Menurut dia, pihaknya tidak menerima wisatawan kunjungan dari luar daerah Boyolali. Ada beberapa yang sudah mengajukan permohonan, semua ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Indrokilo kami tutup dahulu. Sebagian pemohon sudah berinisiatif membatalkan dengan kondisi seperti ini,” katanya.

Dia mengatakan, objek wisata KR Indrokilo rata-rata dapat menerima kunjungan dari luar daerah sekitar 50 kunjungan setiap bulan, tetapi karena COVID-19, hanya dapat menerima pengunjung masyarakat setempat saja.

“Kami memasang spanduk penutupan kunjungan berukuran besar di pintu masuk KR Indrokilo Boyolali yang menjadi kebanggan warga setempat ini,” katanya.

Menurut dia, jika ada masyarakat yang masih ingin masuk ke dalam khususnya dari internal Boyolali tetap dipersilahkan, tetapi harus dilakukan “screening” sebelum masuk ke lokasi kebun raya.

Selain itu, KR Indrokilo Boyolali sbagai langkah antisipasi juga akan menyediakan beberapa area untuk mencuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, tisu, dan kran air.

Jumlah pengunjung ke KR Indrokilo Boyolali rata-rata mencapai sekitar 2.000 orang pada akhir pekan, dan sekitar 100 orang berkunjung pada hari-hari biasa. Indrokilo saat ini menjadi tempat primadona masyarakat mengingat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Selain itu, Pemkab Boyolali hingga sekarang setiap pengunjung belum dipungut biaya untuk memasuki kawasan kebun raya atau gratis. Pengunjung agar bisa berkeliling menikmati suasana kebun raya dapat menyewa sepeda onthel seharga Rp5.000 per jam. Ada 60 unit sepeda yang disediakan. (Ant/Cakram)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *