Sempat Terdampak Bom Bali, Kerajinan Perak Lereng Sumbing Magelang Tembus Eropa

MAGELANG, Cakram.net – Kerajinan perak seorang warga dari lereng Gunung Sumbing Kabupaten Magelang sukses menembus pasar eropa. Bahkan berkat ketekunannya, kerajinan perak ini juga berdampak positif terhadap kesejahteraan warga disekitarnya.

Saat ditemui dirumahnya di Dusun Blegi RT 01/RW 9 Desa Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Anhari tengah sibuk membuat aneka kerajinan berbahan perak. Usaha rumahan ini sudah dilakoninya sejak tahun 1990 an

Pada periode itu juga menjadi masa paceklik bagi pembuatan kerajinan perak  Anhari karena terdampak tragedi Bom Bali. Saat itu usahanya sempat terhenti karena tidak ada pesanan dan pembelian. Bahkan kondisi itu memaksanya untuk bekerja serabutan.

“Awal tahun 90an kita tekuni terus ada bom Bali dan sempat vakum sekitar dua belas tahun kita cari pekerjaan lain,” kenang Anhari, dilansir dari beritamagelang.id, Selasa 1 November 2022.

Pembuatan kerajinan perhiasan perak ini kembali ditekuni Anhari 8 tahun lalu. Dalam satu hari ia mengaku bisa menghasilkan puluhan produk aneka hiasan hingga sovenir dari dalam rumahnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *