Pariwisata Berkualitas Tetap Libatkan Masyarakat dan Produk Lokal

YOGYAKARTA, Cakram.net – Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta tahun 2022 mencapai 7,4 juta orang. Angka tersebut naik 500 persen dari total kunjungan di tahun 2021, diikuti dengan pertumbuhan nilai ekonomi pariwisata sebanyak Rp5 triliun.

Menanggapi tren positif pertumbuhan ekonomi pariwisata tersebut Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, saat ini tengah dirumuskan strategi pengembangan quality tourism atau pariwisata berkualitas, untuk semakin menambah dampak ekonomi pada masyarakat melalui sektor pariwisata.

“Bicara soal quality tourism bukan berarti seketika meninggalkan mass tourism, tapi bagaimana dalam masa pengembangan tersebut akan melihat lebih dalam siapa ceruk pasar yang akan disasar dan bagimana dampaknya pada peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya, dilansir dari warta.jogjakota.go.id, Kamis 30 November 2023.

Menurutnya, pengembangan pariwisata berkelanjutan, yang pada dasarnya merupakan upaya bagaimana membuat wisatawan lebih lama menghabiskan waktu dan belanja di Kota Yogyakarta, harus melibatkan lintas sektor termasuk kampung wisata yang punya banyak potensi menjadi daya tarik memperkuat pariwisata berkualitas.

“Setiap tempat di Yogyakarta adalah destinasi, tinggal bagaimana kita membuat narasi dari berbagai sudut pandang yang ada, bisa dari sejarah, budaya, ataupun arsitektur dan tata kota. Sehingga produk dan jasa yang ditawarkan untuk membuat wisatawan makin lama tinggal harus dipastikan kualitasnya,” katanya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *