Sah, Cilacap Miliki Perda Pengarusutamaan Gender

CILACAP, Cakram.net – Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengarusutamaan Gender resmi ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap, oleh Pemerintah dan DPRD Kabupaten Cilacap, di Ruang Rapat Paripurna DPRD setempat, pada Jumat 7 Juni 2024.

Penjabat Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri, menjelaskan, Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi terhadap kebijakan dan program pembangunan nasional. Tujuannya adalah melaksanakan PUG secara keseluruhan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera tanpa membedakan jenis kelamin, suku, ras dan agama.

“Aktualisasi dilakukan, (baik) melalui program maupun kegiatan perencanaan dan penganggaran responsif gender untuk mendukung pembentukan pokja-pokja, sebagaimana tertuang dalam amanat raperda, sebagai tindak lanjut pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan Nasional,” ungkapnya, dilansir dari jatengprov.go.id, Senin 10 Juni 2024.

Menurut pj bupati, regulasi tersebut menjadi bukti komintmen Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap mengenai pelaksanaan pengarusutamaan gender

“Targetnya adalah untuk mengakhiri segala bentuk diskriminasi, menghapuskan segala bentuk kekerasan, menghapuskan semua praktek-praktek yang membahayakan, menyadari dan menghargai pelayanan dan pekerjaan, serta memastikan bahwa semua perempuan dapat berpartisipasi penuh dalam kehidupan berpolitik, sosial dan ekonomi,” terangnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *