Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Kota Yogyakarta Lakukan Pengecekan dan Pemangkasan

YOGYAKARTA, Cakram.net – Pemerintah Kota Yogyakarta meningkatkan pengawasan dan pemangkasan pohon-pohon perindang yang rimbun di musim hujan ini. Pemangkasan sebagian dahan dan daun pohon perindang itu untuk mengurangi potensi pohon rawan tumbang saat hujan deras.

“Kegiatan pengawasan terutama untuk pohon-pohon yang ada di Kota Yogyakarta memasuki musim hujan ini tentunya harus kita tingkatkan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto, dilansir dari warta.jogjakota.go.id, Rabu 10 Januari 2024.

Selain itu, lanjut Sugeng, DLH Kota Yogyakarta menyiapkan petugas-petugas seperti pengawas pohon, verifikasi dan eksekusi pemangkasan pohon. Petugas tersebut berdampingan. Ketika petugas pengawas memberikan informasi setelah dari pengawasan, nanti ada petugas verifikasi yang tugasnya menandai penggal-penggal jalan mana untuk dieksekusi pohon-pohonnya. Setelah itu petugas melakukan eksekusi pohon-pohon yang sudah ditandai petugas verifikasi.

Ia mengungkapkan, kegiatan itu rutin dilakukan oleh DLH Kota Yogyakarta. Terutama saat memasuki musim hujan yang beberapa waktu lalu sudah mulai ekstrem menjadi pencermatan. Termasuk siaga saat ada kejadian darurat pohon tumbang. Dicontohkan saat ada kejadian pohon tumbang di Plengkung Wijilan beberapa waktu lalu, petugas DLH Kota Yogyakarta melakukan eksekusi lebih lanjut untuk penanganan pohon tumbang.

“Melihat dan berkaca dari kondisi itu, maka kita tingkatkan untuk pemangkasan pada pohon-pohon yang kira-kira mungkin berhimpitan dengan kabel, berhimpitan dengan rumah masyarakat atau dengan bangunan fisik yang lain. Ini adalah hal rutin yang kita lakukan dalam rangka menghadapi musim hujan,” terangnya.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *