Pemkot Yogyakarta Intensifkan Pengawasan Keamanan Bahan Pangan Selama Ramadan

YOGYAKARTA, Cakram.net – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bersama Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta melakukan pengawasan keamanan pangan yang diselenggarakan selama bulan Ramadan di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini mulai berlangsung sejak tanggal 19 Maret 2024 hingga 2 April 2024. Pada Rabu 20 Maret 2024, pengawasan keamanan pangan dilakukan di Pasar Sentul Yogyakarta.

Nantinya pengawasan pangan ini akan menyasar di 29 pasar yang ada di Kota Yogyakarta salah satunya di Pasar Kranggan, Pasar Sentul, Pasar Beringharjo, Pasar Prawirotaman, Pasar Kotagede, Pasar Ngasem, Pasar Ramadan Kotagede,  serta beberapa pusat oleh-oleh di Kota Yogyakarta.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja Kesehatan Olahraga (KLKKKO) Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Nur Wara Gunarsih mengatakan, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, di beberapa pasar akan dilakukan pengambilan sampel makanan seperti bakso, mie basah berwarna kuning, teri, agar-agar berwarna merah dan kerupuk kering.

Dari sampel yang diambil kemudian diuji oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta untuk mengetahui apakah ada bahan makanan berbahaya seperti borak, formalin, kandungan babi, pewarna metilen yellow, ataupun pewarna rhodamine di bahan makanan tersebut.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *