Purbalingga Segera Susun Rencana Induk Smart City

PURBALINGGA, Cakram.net – Kabupaten Purbalingga terpilih sebagai kabupaten yang yang akan didampingi oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, dalam pengembangan Smart City atau Kota Cerdas. Penandatanganan nota kesepakatan pemdampingan tersebut dilaksanakan secara daring, di Ruang Rapat Bupati Purbalingga, Selasa 5 Maret 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Kemenkominfo RI, Aris Kurniawan, mengatakan, program Smart City merupakan bentuk realisasi dari Visi Indonesia Digital Tahun 2045. Pada awal tahun ini, lanjutnya, terdapat 10 kabupaten/kota yang akan mendapat pendampingan Ditjen Aptika, yakni Kabupaten Purbalingga, Bangli, Gianyar, Pekalongan, Serang, Tanah Bumbu, Flores Timur, Parepare, Solok, dan Kota Banjar.

“Kita bisa membantu mewujudkan pengelolaan kabupaten/kota yang berkelanjutan, punya kemampuan berdaya saing, dan tentunya bisa mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih aman, nyaman, mudah, sehat, dan lebih makmur karena pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dipadukan dengan inovasi-inovasi yang muncul,” ujarnya, dilansir dari jatengprov.go.id, Rabu 6 Maret 2024.

Aris menambahkan, tujuan lain dari program Kota Cerdas adalah memperbaiki kinerja, efisiensi yang meningkat, keterpaduan antarlini yang semakin baik, dan yang paling utama adalah meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai faktor kunci.

Dijelaskan, sejak 2018 hingga awal 2024, sebanyak 233 kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapat pendampingan program Pengembangan Kota Cerdas.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *