Meriahkan Bakdan Sapi, Warga Desa Sruni Boyolali Arak Ratusan Sapi Keliling Kampung

BOYOLALI, Cakram.net – Sedari pagi, masyarakat Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, berkumpul di jalanan desa untuk melakukan kenduri kupatan pada Rabu 17 April 2024. Salah satu wilayah di lereng Merapi ini mempunyai tradisi unik setiap Hari Raya Idulfitri yang biasa disebut sebagai Bakdan Sapi dilakukan setiap hari kedelapan bulan Syawal dan bertepatan dengan lebaran ketupat.

Usai kenduri kupatan, kemudian para petani sapi mengeluarkan sapinya untuk dimandikan dan diberi wewangian serta dikalungi dengan ketupat kemudian diarak atau dikirab keliling kampung untuk bertemu sapi-sapi lain di desanya.

Kirab diawali dengan gunungan sayur, diikuti Seni Tari Topeng Ireng, tidak lupa siswa siswi pelajar yang membawa ketupat, serta para pemuda Dukuh Mlambong Desa Sruni Kecamatan Musuk ikut meramaikan kirab.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Sruni, Jaman, menjelaskan bahwa tradisi Bakdan Sapi sudah secara turun-temurun dilakukan dan diikuti kurang lebih 300 sampai 400 ekor sapi.

“Arak arakan sapi ini merupakan tradisi tahunan sudah dilaksanakan sejak dulu. Jadi setiap tahun pada hari kedelapan bulan Syawal itu diadakan tradisi arak arakan sapi,” jelasnya, dilansir dari boyolali.go.id, Rabu 17 April 2024.

Bagikan:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *